Hape pardalanan ni Jesus dohot angka siseani sian Judea tu Galilea ingkon melewati huta Samaria. Sahat ma rombongan ni Jesus di sada kota Sikhar, pas hos ni ari (hira-hira pukul 12 siang). Ala nunga male, laho ma sude angka siseani manuhor sipanganon. Tinggal ma sahalak ni Jesus hundul di lambung ni sumur i.
Ro ma sada boru-boru Samaria laho mambuat aek sian sumur ni si Jakob, Biasana angka namambuat aek ndang hea mambuat aek di hos ni ari. Boleh jadi parompuan on menghindar asa unang pajumpang dohot parompuan na asing. Ai kehidupan pribadi ni boru-boru on tung roa do di masyarakat Samaria sendiri. Nunga lima hali ibana mardongan saripe, alai holan nasirang, baoa paonomhon on ndang saripe na tutu i
Terjadi dialog/percakapan antara Jesus dohot boru Samaria i:
Ro ma sada boru-boru Samaria laho mambuat aek sian sumur ni si Jakob, Biasana angka namambuat aek ndang hea mambuat aek di hos ni ari. Boleh jadi parompuan on menghindar asa unang pajumpang dohot parompuan na asing. Ai kehidupan pribadi ni boru-boru on tung roa do di masyarakat Samaria sendiri. Nunga lima hali ibana mardongan saripe, alai holan nasirang, baoa paonomhon on ndang saripe na tutu i
Terjadi dialog/percakapan antara Jesus dohot boru Samaria i:
Didok Yesus ma, "Lehon Ahu Minum".
Dido boru Samaria ima diabagasan rohana, mmm.. sian parpahaenna pasti halk on, halak Jahudi. Mangido aek halak on sian ahu, na dipikir halak on do ahu hatobanna ?
Ia menyuruh aku menimba air minum baginya ? Apa orang Yahudi ini menganggap aku, seorang Samaria, sebagai budaknya ?
Ia menyuruh aku menimba air minum baginya ? Apa orang Yahudi ini menganggap aku, seorang Samaria, sebagai budaknya ?
Dialusi boru Samaria ma, "Boasa mangido tapian Ho halak Jahudi, sian ahu boru Samaria ?"
Dialusi Yesus ma, "aut na dibotoho basabasa ni Debata, jala aut na ditanda ho namangido aek inumon sian ho , ra olo ho mangido aek tu ibana ;dung i lehononna tu ho aek namangalu."
Anggo penangkapan ni boru Samaria i tung asing do, ho halak Samaria naso tumanda Debata, ndang diboto ho Ahu halak Jahudi ? na lebih hebat sian halak Samaria. Alani tarsinggung do ibana mangalusi Jesus: ”gari tahutahum soada, tole bagas do sumur on; tung sian dia ma tu Ho aek namangolu?; tung umbalga ma Ho sian ompunta si Jakob na mangalehon sumur on di hami?”
Didok Jesus ma, ”Sai mangulahi mauas do nasa na minum aek sian sumur on, alai namanginum aek silehononki, naso tupa be i mauas ro di salelengnileleng na”.
Tung asing do pangantusion ni boru Samaria i dialus ni Jesus. Mulana halak Samaria ndang tumanda Debata, saonari menghina sumur kebanggaan ni halak Samaria. Molo adong do aek di Ho, boasa manjalo aek Ho sian ahu. Wah...halak Jahudi on mangalului gara-gara laho menghina ahu.
Didok boru Samaria i ma, Aek sisongoni ma lehon di ahu, asa unang mauas be ahu, jala asa unang sai tu sumur on be ahu”
"Antong jou ma dongan saripem, dungi mulak ma tuson," ninna Jesus.
Tarsonggot ma boru-boru i, ”ndang adong be dongan saripengku” ninna boruborui
"Toho do pandok mi, na so adong sinondukmu, ai nunga lima hali ho marhamulian alai sirang, bawa dongan mu nuaeng ndang saripem i dohonon" ninna Jesus
Aduh...dibotoho do nunga lima hali ahu marhamulian alai sai gagal. Ndang olo ahu gagal be paonomhon, alani do bawa nueng ndang saripe na sah i dohonon. Huboto do i dosa, alai ima nasib hu jala bagianku.
Adong penyesalan dohot kerinduan, didok ma ”panurirang do Ho huida, antong didia do Debata, asa boi ahu martangiang tu Ibana
"Porsea ma ho tu Ahu inang," ninan Jesus, "Na ro ma tingkina jala nunga ro i nuaeng, gabe dibagasan Tondi dohot hasintongan martangiang angka partangiang songon na pinangido Ama i."
Dungi ninna boruboru i mandok Ibana, "Huboto do, na naeng ro mesias i namargoar Kristus, ia dung ro Ibana, baritahononna do saluhutna i tu hami."
"Ahu do i," ninna Jesus, "Ahu , na mangkatai dohot ho nuaeng."
Dipatandahon Jesus diirina sebagai mesias tu sada boru-boru Samaria na penuh dosa, sedangkan tu angka sisean, Yohannes Pandidi, Petrus, dohot tu angka ahli agama, ndang hea dope Jesus patandahon dirina secara terbuka. Sada anugerah besar na dialami boru Samaria na penuh dosa i, gabe mengubah hidupna
Antong endehon ma jolo BE. 831 Logu No. 831 : TUNG JOTJOT AU
Ayat 1
Tung jotjot au songon boru Samaria mangalap aek tu sumur i,
Hape so boi sombu uasna, mulak ulak pe mangalap i.
Tung tuani ma ro Jesus manjouhon “Au do aek hangoluan i,
Pangido asa hulehon aek pasombu uasmi.”
Ale Jesus aek hangoluan gohi dohot panginumanki,
Asa sombu uas na di rohangki asa sonang gok dame tondingki.
Ayat 2
Tung torop do jolma i na tarlalap lao mangoloi dagingna i
Suda gogona mamingkiri holan ngolu sisatongkin i,
Di ujung na pe ingkon sai tarhirim molo so tu Jesus i,
Ai holan marhite Ibana, jumpang hita hangoluan i.
Ale Jesus ………
Ayat 3
Molo mauas tondimu ale dongan, hatop ma ro tu Jesus i
Ibana do aek hangoluan, sai tangihon ma hataNa i
Di Ibana dapot ho hasonangan, pasahat ma dirim tusi
Mardame ho jala martua, ro disalelenglelengna i.
Ale Jesus ……
KesimpulanAyat 1
Tung jotjot au songon boru Samaria mangalap aek tu sumur i,
Hape so boi sombu uasna, mulak ulak pe mangalap i.
Tung tuani ma ro Jesus manjouhon “Au do aek hangoluan i,
Pangido asa hulehon aek pasombu uasmi.”
Ale Jesus aek hangoluan gohi dohot panginumanki,
Asa sombu uas na di rohangki asa sonang gok dame tondingki.
Ayat 2
Tung torop do jolma i na tarlalap lao mangoloi dagingna i
Suda gogona mamingkiri holan ngolu sisatongkin i,
Di ujung na pe ingkon sai tarhirim molo so tu Jesus i,
Ai holan marhite Ibana, jumpang hita hangoluan i.
Ale Jesus ………
Ayat 3
Molo mauas tondimu ale dongan, hatop ma ro tu Jesus i
Ibana do aek hangoluan, sai tangihon ma hataNa i
Di Ibana dapot ho hasonangan, pasahat ma dirim tusi
Mardame ho jala martua, ro disalelenglelengna i.
Ale Jesus ……
1. Percakapan Yesus dan perempuan Samaria tadi. Lambat laun perempuan itu mengenali Yesus sebagai nabi dan sebagai Mesias yang dijanjikan. Perempuan itu kemudian mengajak orang-orang sekotanya menemui Yesus. Orang-orang yang mendatangi Yesus menjadi percaya.
2. Injil Yohanes ini menampilkan suatu gagasan bahwa Yesus ingin memperbaharui manusia menjadi manusia baru dengan cara menyapa kemanusiannya, dan memasuki kehidupannya. Percakapan Yesus dengan perempuan Samaria (Yoh 4:4-42) ini merangkum dua gagasan yang ditampilkan tadi, yakni bagaimana mencapai hidup abadi dan menyembah Yang Ilahi dengan setulusnya. Menanggapi kehadiran Yang Ilahi dengan tulus, bukan dengan ibadat yang kelihatannya beres, tapi morat-marit di dalamnya (ingat Yoh 2:13-25 pembersihan Bait Allah). Percakapan Yesus dengan Nikodemus (Yoh 3:1-10) mengenai perlunya "lahir kembali" untuk mengawali hidup batin bebas dari praanggapan-praanggapan saleh yang tidak menjamin hidup abadi.
3. Perjumpaan Yesus dengan perempuan Samaria ini berhasil mengubah sikap-sikap dari curiga terhadap Yesus menjadi berubah perhatian dan melihat Yesus sebagai nabi (ay. 19) dan bahkan Mesias (ay. 25-26). Ia kemudian mengajak orang-orang kota Sikhar ikut menemui Yesus dan meminta Yesus serta murid-muridnya tinggal di tempat mereka (ay. 39-42), akhirnya murid-murid Yesus berubah pendapat mengenai kesan kaum perempuan, sebenarnya wanita cukup setara kedudukannya dengan kaum pria Yesus bukan tokoh yang mengadili. Ia datang untuk memperkaya kehidupan batin sehingga orang mengenal Tuhan sebagai Bapa.
4. Keadaan hidup pribadi yang tidak ideal bukan halangan untuk bertemu dengan dia yang sedang berjalan lewat Samaria tadi dan menerima kekayaan batin darinya. Juga tidak menjadi halangan bagi perempuan tadi untuk mengajak orang-orang sekotanya berbagi kekayaan rohani yang baru ini. Meskipun erat berhubungan, kehidupan rohani dan kepercayaan memang tidak bisa dijabarkan satu dari yang lain. Dalam bagian pertama percakapan tadi (ay. 7-15) Yesus menyebut-nyebut "air yang hidup" yang bisa diberikannya kepada perempuan Samaria tadi. Dan air yang hidup itu tidak bakal membuat orang haus lagi. Yang meminumnya akan menemukan dalam batinnya mata air yang memancarkan air tak putus-putusnya sampai ke hidup abadi. Apa maksudnya? Dalam bahasa sehari-hari di sana dulu, "air hidup" ialah air yang mengalir, seperti air sungai atau air yang keluar dari sumber air, bukan air yang mandeg seperti air yang tertampung dalam sumur. Yesus - sumber air hidup meminta minum dari perempuan Samaria yang datang hendak menimba air sumur yang bukan air mengalir - bukan air hidup. Meskipun Yesus menjelaskan arti rohani air hidup, perempuan tadi tidak langsung menangkap. Boleh jadi ia malah mengira Yesus berbicara mengenai tempat yang ada sumber air yang mengalir. Maka perempuan itu mau tahu di mana sehingga tak usah lagi datang ke sumur itu (ay. 15). Boleh jadi tak perlu datang pada waktu sumur itu sepi. Hanya setelah pembicaraan berbelok menyangkut kehidupan pribadinya, barulah perempuan tadi sadar apa maksud Yesus.
5. Bagian kedua percakapan itu (ay. 19-26) berkisar pada tempat ibadat orang Samaria, yakni di-"gunung" ini, maksudnya di gunung Gerizim, tempat pemujaan mereka. Orang Yahudi menganggap keagamaan orang Samaria sesat karena tempat ibadat yang mereka anggap benar ialah Yerusalem. Perempuan tadi juga tahu hal itu (ay. 20). Tetapi Yesus mengatakan (ay. 21) bahwa akan tiba saatnya orang akan menyembah Bapa bukan di gunung itu dan bukan juga di Yerusalem. Tidak dikatakan di mana. Tapi jelas maksudnya dalam dirinya. Lebih keras lagi, Yesus menolak anggapan teologis yang waktu itu dikenakan orang Yahudi kepada orang Samaria. Mereka dianggap menyembah yang tak mereka kenal, sedangkan orang Yahudi sendiri menganggap diri mereka sajalah yang benar. Mereka mau memonopoli keselamatan (ay. 22). Yesus menegaskan, bukan hanya akan datang saatnya, melainkan sudah tiba saatnya orang menyembah Bapa dalam "roh dan kebenaran" - tidak terikat pada tempat yang membuat kehadiranNya terkurung. Itulah cara menyembah Bapa yang mendapat perkenanNya (ay. 23). "Dalam roh dan kebenaran", maksudnya dengan membiarkan dituntun oleh daya yang datang dari atas sana, yang betul-betul dapat memberi kelegaan, yang dapat menuntun ke hidup abadi. Dan perempuan tadi bukannya tidak tahu. Ia mendengar bahwa akan datang Mesias yang akan memberitakan semua itu (ay. 25). Mendengar ini Yesus mengatakan bahwa Mesias yang dimaksud ialah dirinya yang saat itu sedang berbicara dengannya (ay. 26),. Saat itulah perempuan tadi mulai mengerti dan segera pergi mengabarkan kepada orang-orang sekota untuk datang menemui Yesus (ay. 28) Dikatakan perempuan itu meninggalkan tempayannya - ia lupa akan tujuan semula pergi ke sumur. Ia mendapatkan sesuatu yang tak terduga-duga sebelumnya yang jauh lebih berharga. Dan inilah yang dikabarkannya kepada orang-orang sekota.
6. MAKNA BAGI PEMBACA, Baik pembaca dari zaman dulu maupun dari zaman sekarang sama-sama diiajak menyadari bahwa Tuhan tetap mendatangi manusia, meskipun kekaburan mata batin kita sering membuat sosoknya tak jelas dan suaranya terdengar lirih oleh telinga batin yang belum peka. Namun Tuhan membantu, kadang-kadang dengan menyapa kehidupan pribadi kita yang sering menjadi beban yang hanya bisa ditanggung. Baru di situ kita akan menyadari bahwa ada kekuatan dari atas yang mendekati dan memerdekakan. Pembaca Injil Yohanes diajak memakai percakapan seperti itu untuk membaca kehidupan ini. Halangan-halangan sosial dan moral juga tidak lagi dibiarkan membuat kehidupan rohani macet. Juga sisi-sisi gelap masing-masing tidak usah lagi menjauhkan orang dari sumber air hidup yang menjadi bekal perjalanan ke hidup abadi. Orang lebih diajak melihat terangnya Sabda ilahi daripada murung, malu, terintimidasi oleh sisi-sisi gelap kehidupan ini yang toh tidak bisa diatasi dengan kekuatan sendiri. Bila dibaca(kan) dan di(per)dengarkan dengan seksama, Injil Yohanes dapat melatih mata dan telinga rohani sehingga menjadi semakin awas dan peka akan tanda-tanda kehadiran ilahi di dalam kehidupan ini, apapun wujudnya. Dan bila orang mulai waspada dan paham gerak-gerikNya, orang boleh merasa dekat dengan sumber hidup abadi itu sendiri.
St.P.Simanjuntak Ketua Dewan Koinonia HKBP Cijantung